Khidmat, Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2012

Ditulis oleh:

PAJARAKAN – Sebagai wujud kesiapan untuk memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo dalam merayakan Natal dan Tahun Baru 2013, Polres Probolinggo menggelar kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2012 di halaman Mapolres Probolinggo, Jum’at (21/12) pagi.

Apel yang dipimpin oleh Wakapolres Probolinggo Kompol Sucahyo Hadi ini diikuti tidak kurang dari 700 petugas pengamanan Natal dan Tahun 2013 yang terdiri dari anggota kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Pramuka, Linmas dan Orari. Bertindak sebagai Komandan dalam apel yang dimulai pukul 08.00 tersebut Kasat Sabhara Polres Probolinggo AKP Heri Suyanto.

Hadir dalam apel tersebut Perwira Penghubung Kodim 0820 Probolinggo Mayor Inf. Winarso, perwakilan Kejaksaan Negeri Kraksaan dan Pengadilan Negeri Kraksaan, Kepala Bakesbangpol dan Linmas (Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat) Bambang Suyanto Sunarto, Ketua Tanfidziyah PCNU Kraksaan KH. Nasrullah A. Suja’i serta seluruh perwira di jajaran Polres Probolinggo.

Operasi Lilin Semeru 2012 ini akan digelar selama 10 hari mulai tanggal 23 Desember 2012 hingga 1 Januari 2013. Kegiatan operasional kepolisian terpusat ini, merupakan operasi kemanusiaan terpadu yang lebih mengedepankan tindakan preventif dengan didukung kegiatan deteksi dini dan tindakan penegakan hukum.

Wakapolres Probolinggo Kompol Sucahyo Hadi saat membacakan sambutan Kapolri mengatakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2012 yang dilaksanakan secara serentak dari tingkat Mabes Polri hingga seluruh satuan di kewilayahan merupakan bentuk kesiapan semua unsur perkuatan yang terlibat dalam rangka pengamanan Natal Tahun 2012 dan Tahun Baru 2013.

“Melalui kegiatan ini, kita telah diyakinkan adanya respon, kesiapan dan kesadaran dari semua unsur pelaksana operasional untuk menyelaraskan pemikiran, komitmen, upaya dan semangat guna memberikan jaminan rasa aman bagi seluruh warga masyarakat sehingga seluruh tahapan kegiatan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013 dapat diselenggarakan dengan aman, nyaman dan lancar,” ungkap Wakapolres.

Menurut Wakapolres, situasi kamtibmas aman dan kondusif yang mampu menjamin peningkatan aktifitas dan mobilitas masyarakat merupakan dambaan serta harapan bersama. 

Polri sebagai institusi yang dipercaya menyelenggarakan 3 keamanan tersebut, dituntut mampu melakukan manajemen keamanan secara sistemik, terpadu dan komprehensif melalui pelibatan seluruh komponen serta stakeholder lainnya, sehingga dua agenda penting hari besar keagamaan bagi umat Kristiani dan perayaan Tahun Baru 2013 dapat berlangsung secara tertib, lancar dan aman,” jelas Wakapolres.

Dikatakan Wakapolres, apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2013 dilaksanakan sebagai upaya untuk pengecekan akhir terhadap pelibatan kekuatan, kelengkapan 4 sarana prasarana pendukung, serta rencana tindakan yang tepat didasarkan pada analisis dan inventarisasi hakikat ancaman yang valid dan up to date, sehingga semua tahapan penyelenggaraan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2013 tersebut dapat terselenggara dengan baik.

“Hari natal sebagai hari besar keagamaan bagi saudara kita umat Kristiani, akan dilalui dengan berbagai bentuk peribadatan di gereja maupun di tempat-tempat lain, demikian juga perayaan Tahun Baru 2013, juga akan diisi dengan berbagai kegiatan hiburan serta mobilisasi massa dalam jumlah besar yang terkonsentrasi pada pusat-pusat aktivitas maupun lokasi tertentu,” terang Wakapolres.

Sementara Kabag Ops Polres Probolinggo Kompol Hadi Prayitno menjelaskan pengamanan perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013 ini difokuskan pada 4 (empat) titik pengamanan. Dimana ditiap titik disediakan pos pengamanan terpadu dengan petugas dari kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Pramuka, Linmas dan Orari.

Empat titik tersebut adalah Banjarsawah Kecamatan Tegalsiwalan, Pantai Bentar Kecamatan Gending, depan Diva Swalayan Kraksaan dan dekat PLTU Paiton. Titik yang dipilih merupakan daerah yang padat dilalui arus mudik, daerah rawan kecelakaan dan obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan selama perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013.

“Jumlah personel untuk pengamanan perayaan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013 dalam Operasi Lilin Semeru 2012 ini mencapai 256 personil Polri dan 124 personil non Polri,”

0 komentar "Khidmat, Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2012", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

komentar tanpa link aktif