SMKN 1 Kraksaan Juara III Lomba Berpacu Dalam Koperasi

Ditulis oleh:
KRAKSAANKoperasi Sekolah (Kopsek) Krida Siswa SMK Negeri 1 Kraksaan memastikan diri menjadi juara III dalam Lomba Berpacu Dalam Koperasi Tingkat SLTA Wilayah Bakorwil III Malang yang digelar di Gedung Islamic Center Kraksaan, Senin (22/6). Lomba ini diikuti oleh lima koperasi sekolah terbaik se wilayah Bakorwil III Malang. Yaitu, SMKN 1 Kota Malang, Kopsis UPT SMKN 1 Pasuruan, Kopsek Krida Siswa SMKN 1 Kraksaan, Kopsis Perintis SMKN 1 Lumajang dan Kopsek SMKN 1 Panji Situbondo.

Dalam lomba ini, kelima sekolah terbaik tersebut harus melewati empat babak. Babak pertama berisi materi beregu. Jika satu regu tidak bisa menjawab, maka pertanyaan tersebut dilempar kepada regu yang lain. Babak kedua berisi materi studi kasus dan babak ketiga berisi materi akuntansi seputar koperasi. Untuk babak pertama hingga ketiga tidak ada pengurangan nilai. Babak keempat berisi materi adu cepat. Jawaban yang benar dapat nilai 100, tetapi jika salah akan dikurangi 50.

Kasi Organisasi Tata Laksana pada Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur Ningky Poesponegoro mengatakan lomba ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur. Tujuannya untuk meningkatkan kader-kader muda koperasi di lingkungan sekolah melalui ajang kompetitif yang positif. Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati HUT Koperasi ke-62 tahun 2009.

”Melalui lomba ini, nantinya siswa diharapkan mampu menjadi seorang wirausaha baru. Setelah lulus sekolah, mereka bisa mengelola koperasi dengan baik. Kalau perlu, mereka mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain,” ujar Ningky. 

Menurut Ningky, kelima sekolah ini merupakan hasil seleksi dari 12 Kabupaten/Kota se wilayah Bakorwil III Malang. Mereka diseleksi melalui rekam jejak dengan mengirimkan beberapa data yang meliputi nama koperasi sekolah, pengurus koperasi, Sisa Hasil Usaha (SHU) yang didapat dan berapa dana yang dialokasikan koperasi untuk pendidikan. 
”Kelima sekolah ini merupakan sekolah terbaik yang mampu mengelola koperasi sekolah dengan maksimal dibandingkan dengan sekolah 12 Kabupaten/Kota lain,” jelas Ningky.

Dalam lomba ini, ada tiga orang dewan juri yang bertugas. Yaitu, Ana Eko Prapti dari Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur, Sugeng Haryo dari Dekopinda Kabupaten Probolinggo dan Achmad Sjahibul Hidajat dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Probolinggo. 
“Kalau di Bakorwil lain hanya diambil juara pertama, namun khusus di Bakorwil III Malang diambil juara satu dan juara dua untuk berlaga dalam lomba yang sama di tingkat Propinsi Jawa Timur, 29 Juni mendatang. Lomba ini rencananya akan disiarkan oleh JTV Surabaya,” lanjut Ningky.

Setelah melewati empat babak, SMKN 1 Kota Malang berhasil menjadi juara pertama dengan total nilai 5.470. Urutan kedua ditempati Kopsis UPT SMKN 1 Pasuruan dengan total nilai 2.620 dan disusul Kopsek Krida Siswa SMKN 1 Kraksaan di tempat ketiga dengan total nilai 2.235. Sedangkan Kopsis Perintis SMKN 1 Lumajang harus puas berada di urutan empat dengan total nilai 2.055. Sementara di urutan kelima ditempati oleh Kopsek SMKN 1 Panji Situbondo dengan total nilai 1.320.

Kelima peserta tersebut mendapatkan hadiah berupa piala dan piagam penghargaan dari panitia. Bagi juara pertama dan kedua yang lolos ke tingkat Propinsi Jawa Timur, selain mendapatkan piala dan piagam, mereka juga berkesempatan mendapatkan dana pembinaan dari Gubernur Jawa Timur. Juara I sebesar Rp. 7 juta, juara II sebesar Rp. 6 juta, juara III sebesar Rp. 5 juta, juara harapan I sebesar Rp. 4 juta dan juara harapan II sebesar Rp. 3 juta.

Sementara Kabid Kelembagaan Koperasi dan Sumberdaya Manusia pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Probolinggo Achmad Sjahibul Hidajat mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh Kopsek Krida Siswa SMKN 1 Kraksaan. “Meskipun ada penurunan dibandingkan dengan tahun kemarin, namun keberhasilan ini patut kita syukuri. Ini merupakan hasil kerja sama semua pihak yang terlibat dalam koperasi. Semoga tahun depan bisa lebih ditingkatkan lagi,” harapnya.

0 komentar "SMKN 1 Kraksaan Juara III Lomba Berpacu Dalam Koperasi", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

komentar tanpa link aktif